GKM's History

Gerakan Kendari Mengajar (GKM) yang didirikan pada bulan Juni 2013 adalah sebuah gerakan nonprofit yang dipelopori oleh anak-anak muda di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara , dengan satu tujuan utama yakni turut serta turun tangan membantu membangun generasi muda untuk masa depan yang lebih baik melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif dan inspiratif dengan fokus kegiatan pada daerah-daerah yang terletak di Pinggiran Kota. Dengan misi mengajar, mendidik dan menginspirasi, GKM kemudian menyusun dan mengadaptasi model pembelajaran yang edukatif, inovatif dan inspiratif yang  kemudian diimplementasikan ke dua daerah binaan GKM ( Puulonggida & SD Negeri 20 Baruga)  .

 

 

 

Untuk mendukung kegiatan yang dilakukan, sejak  tahun 2014 GKM memberikan kesempatan kepada para pemuda pemudi untuk turut serta menjadi relawan di GKM. Di tahun yang sama GKM merelease Project Social dengan tema “ Gerakan 1000 Buku : One Man, One Book” yang  berhasil  mengumpulkan + 1100 buku yang kemudian disalurkan ke beberapa titik taman baca di Sulawesi Tenggara. Di tahun ini GKM juga melaksanakan kegiatan edukasi lain dengan tema " GKM Games Competition" dan "GKM Fun Camp" 

 

 

Di tahun 2015, dengan dukungan dari PT. Garuda Indonesia Airlines ( GIA)  Cabang Kendari, dalam Project Social bertajuk “ Gerakan 1000 Buku Tulis ( GSBT)”, GKM mengumpulkan + 1200 pak donasi buku tulis yang kemudian  disalurkan  ke 9 Sekolah, Satu Tsanawiah dan beberapa titik terpencil yang tersebar di 8 Kabupatan/Kota di Sulawesi Tenggara. Di tahun yang sama GKM berhasil menerima Penghargaan Pemuda Indonesia untuk Kategori Organisasi di Bidang Pendidikan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ( KEMENPORA) Republik Indonesia terhadap kontribusi yang telah diberikan dalam dunia Pendidikan. Di tahun ini GKM juga meluncurkan brand Usaha “GeKaeM Clothing & Merchandise” untuk mendukung pendanaan kegiatan di Gerakan kendari Mengajar.


 

 Di tahun 2016, GKM kembali merelease Project Social dibidang pendidikan dengan tema “ Gerakan 1000 Seragam  Sekolah (GERAKAN SERASA) ” yang bertujuan untuk mengumpulkan donasi dalam rangka pembelian 1000 Seragam  Sekolah untuk anak-anak SD di beberapa Sekolah di Sulawesi Tenggara serta pembelian bangku sekolah di salah satu  Sekolah Dasar di Sulawesi Tenggara.

 

 


 

 Sejak awal didirikan, Gerakan Kendari Mengajar (GKM) mempunyai visi memimpin gerakan  dalam upaya  peningkatan kesejahteraan hidup generasi muda untuk masa depan yang lebih baik serta  menjadi pelopor    tren, "Yang Muda, Yang Menginspirasi" dengan menjadi wadah bagi para anak-anak    muda di kota Kendari  untuk berbagi kebaikkan dan berbagi  Inspirasi .