Diary GKM

Facebook Laju Digital : Wawasan baru untuk para volunteer GKM

Selasa, 26 Maret 2019, kakak-kakak volunteer mengikuti pelatihan Penggunaan Facebook Laju Digital Kendari di Hotel Clarion. Dengan hastag BELAJAR APA HARI INI? Wah materinya menarik dan pematerinya kak Amri Priyadi juga sangat baik dan tdk membosankan dlm membawakan materi.
Jadi di pelatihan itu, kak Amri menyampaikan beberapa materi diantaranya tentang manfaat fb/ig bagi komunitas dan bagaimana strategi komunitas menggunakan fb & ig.

Butuh strategi ya kak~ ada beberapa point-poin penting dalam strategi ini

  1. Pertama apa tujuan postingan.
  2. Kedua audiens (pemirsa/target kita nih yg ingin kita jangkau).Dalam target ini, terbagi atas dua loh kak. Yaitu demografi (milenial, pasangan sudah menikah, orang tua) dan minat (pecinta hewan, kegiatan amal, penggemar olahraga). Kalau menurut kakak, yg mana nih yg cocok bagi komunitas GKM? Hayoo tebaak? Target audiens ini bisa tdk hanya satu, lebih baik juga lebih dari satu.
  3. Ketiga Motivasi dan hambatan. Apa yg memotivasi dan hambatan audiens untuk turut mengambil tindakan atau bergabung. Motivasi ini seperti karena berdampak besar, koneksi pribadi atau karena empati. Dan ya hambatan, seperti karena tidak tahu, salah paham dan atau misalnya jika diadakan donasi, audience ini sudah berdonasi di tempat lain.
  4. Keempat jenis postingan. Karena kita sudah menentukan tujuan (strategi pertama), kita tinggal menentukan kira2 apa nih yg cocok. Disini dijelaskan dapat berupa berita & fakta, kemanusiaan, humor, selebriti/influencer, isu lokal dan langkah tindakan.
  5. Daan yg terakhir keberhasilan. Bagaimana akan mengukur keberhasilan. Ukuran-ukurannya misalnya jangkauan dan interaksi dari audiens ataukah banyaknya yg mebagikan postingan yg di upload? Tergantung kita yang menetapkan/menentukan.

Dari kelima poin diatas, kita dapat menentukan strategi media sosial yg kita punya ? selain itu, juga disampaikan beberapa tips untuk mengoptimalkan pembuatan postingan.

Jadi kembali ke hastag paling atas, BELAJAR APA HARI INI?
Belajar untuk meningkatkan fokus pengguna media sosial terhadap komunitas, lembaga masyarakat dan organisasi.

Salam Hangat GKM
Mengajar Mendidik Menginspirasi

Memotret MI DDI Mataiwoi

Sejak subuh, hujan deras mengguyur seluruh wilayah kota kendari. Hal itu berimbas pada rencana Kakak-Kakak Volunteer untuk berangkat ke Mowila.Kabupaten Konawe Selatan, yang akhirnya harus tertunda beberapa jam. Hari itu, Selasa, 26 April 2016, Kakak-Kakak Volunteer sudah bersiap sejak pukul 7.00 WITA, untuk bertolak dari Kendari.

GKM Menyambut Sumpah Pemuda Ke 88 melalui "Gerakan 1000 Seragam Sekolah"

Seperti ditahun-tahun terdahulu, di tahun 2016 ini, Gerakan Kendari Mengajar (GKM) kembali me-release Proyek Sosial Besar tahunannya. Menyongsong Peringatan Sumpah Pemuda ke- 88 tahun 2016, GKM kembali mengajak masyarakat bergotong royong berbagi kebaikan dalam sebuah gerakan yakni "GERAKAN SERIBU SERAGAM SEKOLAH : Satu Seragam, Untuk 1000 Kebaikan" atau GERAKAN SERASA .

Rifal, Jagoan Cilik dari Lembah Dosa

isinilah pertama kalinya saya kemudian berkenalan dengan salah seorang anak penghuni lembah dosa, yang bernama Rifal . Dia mengenakan baju merah lengan panjang dan celana merah sekolah dasar, tanpa alas kaki dengan kalung mirip rantai mengelilingi lehernya

ENJ GKM : Ekspedisi Membangun Negeri dalam Sebuah Bingkai Pendidikan

kspedisi Nusantara Jaya (ENJ) adalah sebuah perjalanan yang digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman dengan mengirimkan pemuda-pemudi nusantara  ke kawasan dan pulau-pulau terpencil di Indonesia. Melalui jalur peserta komunitas, Gerakan Kendari Mengajar (GKM) pun kemudian bertolak ke salah satu Pulau yang berada di Sulawesi Tenggara tersebut, tepatnya di Pulau Katela

Save Earth, GKM Ikut Sosialisasikan Bank Sampah Di Desa Leppe

Kegiatan Bank Sampah ini adalah program dari Komunitas Bersama yang didukung oleh beberapa komunitas lainnya, termasuk Gerakan Kendari Mengajar (GKM). Kakak volunteer GKM yang terlibat didalamnya, melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai Bank Sampah ke adik-adik di Desa Leppe. Kegiatan yang dikemas menarik dengan berbagai games dan beberapa pembahasan tentang sampah seperti dampak buruk sampah, jenis sampah organik dan an-organik, serta manfaat bank sampah.

Iqro Abdul

Matahari bak pemanggang raksasa di Kamis, 23 januari itu. Tiga volunteer Kendari Mengajar mengunjungi Puulonggida untuk sebuah pelajaran baru. BTA—Baca Tulis Al Qur’an. Sebuah agenda baru yang menjadikan jadwal kunjungan menjadi tiga kali dalam seminggu. Adalah Kak Nur, Kak Yaya, dan Kak Awal, yang hari itu menikmati pengalaman pertama menjadi pengajar Baca Tulis Al Qur’an

PENGUMUMAN BERKAS OPEN RECRUITMEN VOLUNTEER BATCH 1

Setelah melalui verifikasi dokumen pendaftaran, kami dari Tim Seleksi Calon Volunteer Gerakan Kendari Mengajar memutuskan nama-nama yang terlampir pada dokumen berikut dinyatakan lulus ke tahapan seleksi berikutnya. Tahapan wawancara akan diadakan pada Sabtu, 21 April 2018 bertempat di sekretariat Gerakan Kendari Mengajar (Jalan Bunga Seroja No. 19, Kendari).

Gantungan Kunci Lucu dari kain Flanel

Gantungan kunci punya manfaat tidak kalah pentingnya dengan sebuah kunci, yakni untuk melindungi agar kunci-kunci yang sering kita gunakan tidak gampang tercecer bahkan hilang. Nah kali ini adik-adik binaan GKM berkreasi membuat gantungan kunci dari kain flanel. Gantungan kunci dari kain flanel ini bisa membuat penampilan kita jadi makin keren. Nah berikut cara membuatnya :