Diary GKM

Facebook Laju Digital : Wawasan baru untuk para volunteer GKM

Selasa, 26 Maret 2019, kakak-kakak volunteer mengikuti pelatihan Penggunaan Facebook Laju Digital Kendari di Hotel Clarion. Dengan hastag BELAJAR APA HARI INI? Wah materinya menarik dan pematerinya kak Amri Priyadi juga sangat baik dan tdk membosankan dlm membawakan materi.
Jadi di pelatihan itu, kak Amri menyampaikan beberapa materi diantaranya tentang manfaat fb/ig bagi komunitas dan bagaimana strategi komunitas menggunakan fb & ig.

Butuh strategi ya kak~ ada beberapa point-poin penting dalam strategi ini

  1. Pertama apa tujuan postingan.
  2. Kedua audiens (pemirsa/target kita nih yg ingin kita jangkau).Dalam target ini, terbagi atas dua loh kak. Yaitu demografi (milenial, pasangan sudah menikah, orang tua) dan minat (pecinta hewan, kegiatan amal, penggemar olahraga). Kalau menurut kakak, yg mana nih yg cocok bagi komunitas GKM? Hayoo tebaak? Target audiens ini bisa tdk hanya satu, lebih baik juga lebih dari satu.
  3. Ketiga Motivasi dan hambatan. Apa yg memotivasi dan hambatan audiens untuk turut mengambil tindakan atau bergabung. Motivasi ini seperti karena berdampak besar, koneksi pribadi atau karena empati. Dan ya hambatan, seperti karena tidak tahu, salah paham dan atau misalnya jika diadakan donasi, audience ini sudah berdonasi di tempat lain.
  4. Keempat jenis postingan. Karena kita sudah menentukan tujuan (strategi pertama), kita tinggal menentukan kira2 apa nih yg cocok. Disini dijelaskan dapat berupa berita & fakta, kemanusiaan, humor, selebriti/influencer, isu lokal dan langkah tindakan.
  5. Daan yg terakhir keberhasilan. Bagaimana akan mengukur keberhasilan. Ukuran-ukurannya misalnya jangkauan dan interaksi dari audiens ataukah banyaknya yg mebagikan postingan yg di upload? Tergantung kita yang menetapkan/menentukan.

Dari kelima poin diatas, kita dapat menentukan strategi media sosial yg kita punya ? selain itu, juga disampaikan beberapa tips untuk mengoptimalkan pembuatan postingan.

Jadi kembali ke hastag paling atas, BELAJAR APA HARI INI?
Belajar untuk meningkatkan fokus pengguna media sosial terhadap komunitas, lembaga masyarakat dan organisasi.

Salam Hangat GKM
Mengajar Mendidik Menginspirasi

PENGUMUMAN VOLUNTEER PENGAJAR GKM BATCH 2

Selamat atas terpilihnya kakak-kakak yang lolos tahap seleksi Open Recruitment Volunteer Pengajar GKM Batch 2. Bagi kakak-kakak yang belum lolos, dapat mengikuti kembali open recruitment ini pada tahun yang akan datang. Bagi peserta yang lolos diharapkan hadir dalam pembekalan volunteer di Sekretariat GKM. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi/whatsapp (0822-9377-8618 Kak Helma atau 0812-3302-2620 Kak Ripay)

ENJ GKM : Ekspedisi Membangun Negeri dalam Sebuah Bingkai Pendidikan

kspedisi Nusantara Jaya (ENJ) adalah sebuah perjalanan yang digagas oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman dengan mengirimkan pemuda-pemudi nusantara  ke kawasan dan pulau-pulau terpencil di Indonesia. Melalui jalur peserta komunitas, Gerakan Kendari Mengajar (GKM) pun kemudian bertolak ke salah satu Pulau yang berada di Sulawesi Tenggara tersebut, tepatnya di Pulau Katela

PENGUMUMAN SELEKSI WAWANCARA TAHAP 1 CALON RELAWAN PENGAJAR GKM BATCH 2

Wawancara tahap 1 telah selesai dilaksanakan, berikut nama-nama yang dinyatakan lulus ke tahap berikutnya yaitu wawancara tahap 2 dan sesi FGD (Focus group Discussion) dilaksanakan pada hari Minggu, 7 April 2019

Rifal, Jagoan Cilik dari Lembah Dosa

isinilah pertama kalinya saya kemudian berkenalan dengan salah seorang anak penghuni lembah dosa, yang bernama Rifal . Dia mengenakan baju merah lengan panjang dan celana merah sekolah dasar, tanpa alas kaki dengan kalung mirip rantai mengelilingi lehernya

PENGUMUMAN SELEKSI ONLINE RELAWAN PENGAJAR GKM BATCH 2

Setelah melalui verifikasi dokumen pendaftaran, kami dari Tim Seleksi Calon Relawan Pengajar Gerakan Kendari Mengajar Batch 2 memutuskan nama-nama yang terlampir dinyatakan lulus ke tahapan seleksi berikutnya. Wawancara tahap 1 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 bertempat di sekretariat Gerakan Kendari Mengajar (Jalan Bunga Seroja No. 19, Kemaraya, Kendari).

Kendari Mengajar Invasi Nanga-Nanga [Harapan Itu Masih Ada]

Saat mendengar kata Nanga-Nanga disebutkan, hampir dapat dipastikan pikiran warga Kota Kendari akan melayang pada sebuah wahana air terjun yang jernih, dalam kepungan pepohonan raksasa yang rimbun. Kendari Mengajar membutuhkan kurang lebih tiga bulan untuk akhirnya bisa mengunjungi Nanga-Nanga, yang telah ditetapkan sebagai lokasi ajar kedua Gerakan Kendari Mengajar.

Pajangan kipas dari kertas

Di penanggalan 11 April 2018, adik-adik di daerah binaan BPK seru-seruan dengan membuat pajangan kipas dari kertas. Kipas kertas lipat adalah salah satu bentuk kreasi origami yang paling sederhana namun keindahan dan pesonanya bisa membuatnya menjadi hiasan atau detail pembungkus bingkisan yang indah. Nah kali ini adik-adik di daerah binaan BPK mengkreasikannya dengan gambar mereka. Caranya gampang kok.

Sore Pertama di Permulaan Tahun [Asyiknya Belajar Matematika]

Sabtu, pertama di tahun 2014 adalah pertemuan pertama Kendari Mengajar dengan adik-adik asuh di Puulonggida. Ini akan menjadi awal tahun ajaran Januari sampai Juli 2014. Sore itu, rintik hujan mengiringi perjalanan volunteer Kendari Mengajar menuju Puulonggida. Tepat pukul 15.30 WITA, volunteer pun tiba di Pulonggida.