Ruang Kreatif

Gantungan Kunci Lucu dari kain Flanel

Gantungan kunci punya manfaat tidak kalah pentingnya dengan sebuah kunci, yakni untuk melindungi agar kunci-kunci yang sering kita gunakan tidak gampang tercecer bahkan hilang. Nah kali ini adik-adik binaan GKM berkreasi membuat gantungan kunci dari kain flanel. Gantungan kunci dari kain flanel ini bisa membuat penampilan kita jadi makin keren. Nah berikut cara membuatnya :

Alat dan bahan:

  • Kain flanel 2 warna
  • Benang dan jarum
  •  Gunting
  •  Lem UHU
  •  Cincin gantungan kunci

Cara membuat

  1. Potong 2 kain flanel dengan warna yang sama membentuk persegi panjang menggunakan gunting (bentuknya optional)
  2. Siapkan benang dan jarum
  3.  Gabungkan dan jahit kedua kain yang sudah dipotong tadi menggunakan benang dan jarum yang sudah disiapkan. Jahit dengan teknik menjahit jelujur.
  4.  Sisakan 1 sisi untuk tidal dijahit. Sisi itu digunakan untuk memasukkan busa/kapas kedalam kain tersebut.
  5.  Satukan kain flanel dengan cincin gantungan kunci dengan cara dijahit kembali sisi yang belum terjahit tadi.
  6. Buat huruf-huruf nama dengan menggunakan kain flanel warna lainnya.
  7. Lalu tempelkan huruf-huruf itu di gantungan kunci kain flanel tersebut.
  8. Bisa juga menambahkan gambar-gambar lucu dan unik pada tempelan ganci tsb.
  9. Gantungan kunci selesai.

Memotret MI DDI Mataiwoi

Sejak subuh, hujan deras mengguyur seluruh wilayah kota kendari. Hal itu berimbas pada rencana Kakak-Kakak Volunteer untuk berangkat ke Mowila.Kabupaten Konawe Selatan, yang akhirnya harus tertunda beberapa jam. Hari itu, Selasa, 26 April 2016, Kakak-Kakak Volunteer sudah bersiap sejak pukul 7.00 WITA, untuk bertolak dari Kendari.

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI OPEN RECRUITMENT VOLUNTEER GKM BATCH 1

Selamat berbahagia kepada semua kakak-kakak yang telah melewati tahap seleksi. Kami ucapkan selamat menempuh hidup baru, karena dalam waktu 3 (tiga) bulan ke depan, komitmen kakak-kakak akan dievaluasi untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar Gerakan Kendari Mengajar.

Tempat pensil dari botol plastik

Saat ini kita dengan mudah dapat menemukan botol plastik di mana saja. Nah botol plastik yang biasanya menjadi sampak Kali ini disulap oleh adik-adik binaan GKM menjadi tempat pensil . Berikut persiapan yang dapat dilakukan :

DONASI GERAKAN SERASA KE KABUPATEN MUNA

Tanah yang begitu merah, dikelilingi oleh bukit berbatu kapur, tak memiliki akses listrik dan transportasi umum, sumber air yang hanya diharapkan dari mobil penjual air keliling dan sinar matahari yang begitu terik untuk dirasakan, itulah kesan pertama kami ketika menjejakkan kaki di suatu desa yang bernama Tongkuno, terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Desa ini merupakan kampung lama yang pernah memiliki peradaban kehidupan yang sangat besar dizamannya

GKM Menyambut Sumpah Pemuda Ke 88 melalui "Gerakan 1000 Seragam Sekolah"

Seperti ditahun-tahun terdahulu, di tahun 2016 ini, Gerakan Kendari Mengajar (GKM) kembali me-release Proyek Sosial Besar tahunannya. Menyongsong Peringatan Sumpah Pemuda ke- 88 tahun 2016, GKM kembali mengajak masyarakat bergotong royong berbagi kebaikan dalam sebuah gerakan yakni "GERAKAN SERIBU SERAGAM SEKOLAH : Satu Seragam, Untuk 1000 Kebaikan" atau GERAKAN SERASA .

PENYALURAN DONASI DI MI DDI AL-HIDAYAH MATAIWOI

Setelah sukses dengan penyaluran donasi pendidikan berupa buku bacaan dan pembuatan taman baca tahun 2014 serta donasi buku tulis dan alat tulis tahun 2015, tahun 2016 ini Gerakan Kendari Mengajar (GKM) kembali menyalurkan donasi baju seragam sekolah dan fasilitias sekolah di beberapa sekolah yang ada di Sulawesi Tenggara. Sabtu (24/09/16), sekolah yang menjadi tempat penyaluran pertama adalah MI DDI Al-Hidayah Mataiwoi, Kec. Mowila, Kab. Konawe Selatan.

Diary Gerakan Kendari Mengajar #7 : (Sebuah Harmoni yang Hadir melalui Hujan )

Sore itu tak seperti biasanya, lapangan tempat kami biasa berbagi ilmu dengan adik-adik kami nampak kosong, tak ada suara gaduh dan senyum sumringah yang biasanya selalu menyambut kedatangan kami laksana seorang artis yang akan bertemu dengan para penggemarnya. Tiba-tiba di kejauhan tampak beberapa adik berlarian menyambut kami, “mana teman-teman kalian yang lainnya?” Tanya kami kepada mereka

Diary Gerakan Kendari Mengajar #5 [(Hanya) Sebuah Ungkapan Sederhana]

Sore itu, adik-adik asuh GKM diajak bermain dengan gambar-gambar dan warna-warna. Adik-adik mendapatkan sebuah gambar yang harus mereka warnai. Pemilihan warna dan teknik mewarnai adalah latihan yang pengajar harapkan dapat melatih kreativitas adik-adik asuh mereka. Tidak sampai di situ, beberapa minggu setelahnya, permainan ini memiliki manfaat yang sama pentingnya dengan menstimulasi kreativitas.