Ruang Kreatif

Pajangan kipas dari kertas

Di penanggalan 11 April 2018, adik-adik di daerah binaan BPK seru-seruan dengan membuat pajangan kipas dari kertas. Kipas kertas lipat adalah salah satu bentuk kreasi origami yang paling sederhana namun keindahan dan pesonanya bisa membuatnya menjadi hiasan atau detail pembungkus bingkisan yang indah. Nah kali ini adik-adik di daerah binaan BPK mengkreasikannya dengan gambar mereka. Caranya gampang kok.

Alat dan bahan

  • Kertas karton berwarna (ukuran persegi panjang)
  • Spidol warna
  • Lem FOX
  • Stik eskrim

Cara membuat

  1. Gambarlah di kertas karton menggunakan spidol warna (gambar sesuai selera)
  2. Lipatlah kertas dengan bentuk kipas
  3. Kemudian, di tiap pinggir sisi kertas tempalkan stik eskrim.
  4. Lalu gabungkan ujung stik eskrim agar membentuk kipas tangan.
  5. Panjangan kipas tangan selesai.

Gimana, mudah kan?

Diary Gerakan Kendari Mengajar #8 : Mengasah Harmoni Dalam Melodi

Dengan bimbingan Kak Lita di stand Rumah Tukik kakak-kakak volunteer dengan serius berlatih memainkan lagu Ambilkan Bulan Bu selama 30 menit. Alunan nada “mi re do mi mi mi, mi re do fa fa fa, fa mi re mi sol sol, ....” kemudian terengar.Setelah berlatih dengan waktu yang tidak seberapa lama, saatnya para kakak-kakak volunteer akan unjuk kebolehan di panggung acara.

Catatan Pengajar #3: Buat Mereka Mencintaimu

Begitulah yang saya yakini. Dan hal itu telah menjadi sebuah prinsip hidup yang selalu saya junjung tinggi, yang kemudian membawa saya untuk terlibat penuh dalam Gerakan Kendari Mengajar. Dulu, ketika masih kecil, saya pernah bercita-cita menjadi seorang guru. Namun, ketika menginjak usia Sekolah Menengah Pertama, bidang hukum menjadi hal yang menarik bagi saya—yang kemudian tumbuh dan berkembang menjadi salah satu passion hidup saya.

Catatan Pengajar #7: Sejuta Cahaya Dibalik Debu Nanga-Nanga

Dewasa ini kota kendari telah mengalami kemajuan pembangunan yang cukup signifikan. Pelebaran jalan, luapan ruko-ruko hingga bangunan hotel dan perbelanjaan menjadi hal yang lumrah kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari di kota ini. Pemerintah dan sebagian kalangan di masyarakat mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi masyarakat kota Kendari mengalami kemajuan pesat.

GKM Turut Sukseskan Kemenkeu Mengajar 2 Kendari

Setelah mendapatkan penghargaan sebagai organisasi gerakan pendidikan terbaik dalam Penghargaan Pemuda Indonesia (PPI) 2015, kini Gerakan Kendari Mengajar (GKM) menerima apresiasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra). Penghargaan itu diberikan atas partisipasi GKM, dalam mensukseskan even Kemenkeu Mengajar 2 Kendari, pada Senin (23/10).

Facebook Laju Digital : Wawasan baru untuk para volunteer GKM

Jadi kembali ke hastag paling atas, BELAJAR APA HARI INI? Belajar untuk meningkatkan fokus pengguna media sosial terhadap komunitas, lembaga masyarakat dan organisasi.

Serunya Malam Amal Gerakan 1000 Buku

Taman walikota Kendari memang kerap dijadikan sebagai tempat melaksanakan kegiatan yang bersifat edukatif bagi masyarakat Kota Kendari. Minggu, 2 Maret 2014, merupakan hari dimana Gerakan Kendari Mengajar (GKM) merealisasikan satu wacana yang selama ini telah menjadi cita-cita, dalam rangka mencerdaskan dan menginspirasi anak-anak Sulawesi Tenggara lewat buku, melalui acara yang bertajuk “Malam Amal Gerakan 1000 Buku : One Man, One Book”.

MERAYAKAN HARI BUKU SEDUNIA

Suasana Museum Sulawesi Tenggara di 23 April sore itu terasa berbeda dari biasanya. Keramaian yang terbentuk di sana bukan ditujukan untuk menyaksikan jejak arkeologi khas museum seperti di hari-hari lain. Melainkan, untuk memperingati World Book Day yang, tahun ini, dirayakan dengan antusiasme yang sedikit istimewa.

Kakak Volunteer Belajar Mendongeng Bersama Kak Heru

Senin 21 mei 2018, gkm memghadiri workshop dongeng "Read aloud" yang dibawakan oleh Kak Heru. Kak heru adalah Pendongeng Profesional yang mewakili Indonesia pada Festival Dongeng Anak di Korea Selatan tahun 2015. Pendiri Komunitas Rumah Dongeng Indonesia dan juga Trainer berbagai workshop dongeng untuk guru TK dan SD.